TIPS MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING


Siapa sih yang tidak kenal game, semua golongan usia baik itu yang masih anak-anak sampai orang dewasa pasti pernah memainkan game.Baik itu game PC, PS atau console yang lain. Untuk console atau PS tentu kita bisa dengan mudah untuk membelinya, karena sudah dibuat pabrik denagn spesifikasi yang di tentukan. Tapi bagaimana dengan PC, untuk membangun sebuah PC game diperlukan pemilihan hardware yang tepat. Bagi anda yang awam tapi kepingin memiliki sebuah komputer gaming berikut panduan dan tips memilih komputer gaming.

Processor

Pada dasarnya untuk membuat computer gaming pemilihan processor sangat penting, pemilihan processor yang tepat akan mengurangi bottleneck antara processor dan VGA. berikut panduan memilih processor menurut jenis/merek
  • Intel, Bagi anda yang mempunyai dana yang unlimited, tentu intel core i7 dan core i5 seri tertinggi akan jadi pilihan utama. Tapi  bagi anda yang mempetimabngkan dana dapat menggunakan core i3. Dan bagi anda yang mempunyai dana pas-pasan gunakan dual core. O iya untuk intel Dual core, core i3-i7 pilihlah dengan socket yang paling baru contoh: Dual core G3220, core i3 4130, core i5 4670K, dan i7 4770K. Dan yang perlu diingat jangan gunakan processor core2Duo, selain sudah ketinggalan untuk motherboardnya juga sudah susah dan fitur kelengkapan juga minim. 
  • AMD FX : Ini adalah bagi anda penggemar AMD, pilihlah processor FX series untuk hasil yang maksimal, FX8350 adalah pilihan yang tepat dari segi harga dan performa, memang masih kalah kalai dibandingkan dengan core i7. Dibawahnya ada FX8320, FX6300, FX4300. Intinya Gunakan processor AMD FX 4300 ke atas
  • AMD APU: proceesor ini sebenarnya buat segmen menegah ke bawah, perlu diingat di dalam processor AMD APU sudah ternanam Grafis AMD radeon, tentunya bukan radeon yang seri tinggi. Untuk sekelas processor AMD APU paling tinggi saja baru bisa menjalankan game terbaru seperti batlefield 4 dengan setiing low. untuk seting medium high gunakan dua seri processor diatas dengan menambah VGA. Tapi apa APU ndak bisa ditambah VGA???? tentu bisa, tapi apakah anda tidak rugi, anda kan beli processor APU kan sudah tertanam VGA, untuk apa ditambah VGA?? mending sekalian pakai processor FX dan intel kalo niatan mau nambah VGA.
MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMINGMERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING





Motherboard
Memilih mainboard tidak serumit memilih processor, semua tergantung dari jenis processor. Untuk anda yang menginginkan fitur lebih ya carilah yang seri tinggi, dan untuk anda yang menggunakan processor tinggi seperti core i7 dan FX8350 ya jangan gunakan motherboard yang kelas rendah.
MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING




VGA
Memilih VGA adalah bagian terumit dan terpenting dari komputer Gaming. Kebanyakan orang pahamnya VGA bagus pasti dari Memory dan bitnya contoh: 2GB pasti itu VGA bagus. Padahal pemikiran hal tersebut sangat-sangat salah. Buang jauh-jauh pemikiran seperti itu, Untuk memilih VGA mulailah dari :seri , jenis memory yang digunakan apakah DDR3 atau DDR5, Shader, GPU clock, Memory Clock. Untuk gaming usahakan pilih yang DDR5, lalu fitur lain seperti directX nya. untuk game-game baru sudah menggunakan DirecX 11.0
MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING





Memory RAM
Untuk memory gunakan 4GB KIT (sepasang) keatas, memilih memory dengan pendisngin atau heatsink dan mempunyai clock yang tinggi adalah menjadi faktor utama.

MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING





Power Suply
Untuk komputer Gaming gunakan power suply yang true power dengan efisiensi yang bagus, sesuaikan juga dengan hardware processor dan VGA. 
MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING




Case
Sebenarnya Case tidak begitu penting, tapi agar hardware aman dari ganguan binatang ya gunkakan case. Untuk case pilihlah sesuai dengan dimensi mainboad dan VGA, pilih juga yang besistem sirkulasi udara yang bagus. Contoh depan, belakang atas dan bawah ada lubang buat pemasangan FAN.
MERAKIT DAN MEMBELI KOMPUTER GAMING




Harddisk / HDD
Dikarenakan Game-game sekarang ukuranya sangat besar-besar ya gunakan hdd dengan kapasitas yang besar. Interface Sata 3.0 akan lebih bagus lagi jika anda menggunakannya..



Ok guys, sekian artikel kali ini, jika ada pertanyaan bisa coment atau kirim email.. Thanks